Referensi Kesehatan Anda

Friday, June 6, 2014

Cara Memilih Suplemen Fitnes Terbaik Untuk Pembentukan Otot

Sehatnya.com - Cara Memilih Suplemen Fitnes Terbaik Untuk Pembentukan Otot - Suplemen merupakan zat yang mengandung vitamin, asam amino, dan mineral yang diambil dari tumbuh-tumbuhan atau hewan dan dikemas menjadi kapsul, tablet, atau dalam bentuk sirup. Bagi orang yang gemar berolahraga, suplemen sangat dibutuhkan, karena suplemen merupakan pelengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Suplemen mampu memberikan nutrisi tambahan pada makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Tapi suplemen hanya berfungsi sebagai pelengkap nutrisi saja dan bukan sebagai pengganti makanan.



Perlukah kita mengonsumsi suplemen fitnes?

Ada perbedaan pendapat tentang perlu atau tidaknya dalam penggunaan suplemen fitnes ini. Ada yang sudah sangat bergantung pada suplemen karena suplemen dapat membantu dalam pembentukan otot, tapi ada juga yang berpendapat kalau pemula tidak perlu menggunakan suplemen. Dalam kehidupan sehari-hari, tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang banyak untuk melakukan setiap aktivitas. Tapi seringkali nutrisi yang kita konsumsi tersebut masih sangat kurang, terutama adalah protein.

Disamping fitnes berfungsi untuk kebugaran tubuh, fitnes juga berfungsi dalam pembentukan otot tubuh. Sedangkan sumber dari pembentukan otot adalah protein. Dan protein yang Anda dapatkan dari makanan yang Anda konsumsi jumlahnya masih minim. Protein yang Anda butuhkan itu bisa Anda dapatkan dari suplemen. Jadi, seorang fitnes mania membutuhkan suplemen fitnes untuk mencukupi kebutuhan proteinnya.

Baca Juga: Tips Latihan Fitnes Bagi Pemula

Macam-macam suplemen fitnes:

Banyak sekali jenis suplemen yang dijual di pasaran. Dan seorang fitnes mania membutuhkan suplemen fitnes yang berbeda-beda. Sehingga untuk mendapatkan otot dengan efektif maka seorang fitnes mania harus bisa memilih suplemen fitnes yang terbaik.
Berikut ini adalah beberapa macam suplemen fitnes yang dapat dijadikan pilihan untuk fitnes mania pemula. Suplemen fitnes berikut adalah suplemen dasar dalam membangun oto dengan efektif.

Suplemen Protein
Protein merupakan zat dasar dalam proses pembentukan otot.  Dalam setiap satu kilogram berat badan, Anda membutuhkan satu gram protein. Anda membutuhkan suplemen protein untuk memenuhi kekurangan protein dari makanan yang Anda konsumsi.

Suplemen Creatine
Creatine berfungsi untuk memberikan tambahan tenaga dan kekuatan sehingga dapat mengangkat beban dengan mudah, dan dampaknya adalah dapat membentuk otot dengan cepat. Dan jika creatine digunakan bersama asupan protein secara tepat, maka creatine bisa lebih menambah volume otot dengan signifikan.

Suplemen Glutamin
Glutamin merupakan asam amino non-esensial. Glutamin berfungsi membentuk jaringan otot rangka lebih dari 60%. Glutamin sangat berguna dalam pemulihan otot setelah melakukan fitnes, dan dapat mencegah cedera pada otot yang disebabkan oleh katabolisme otot.

Suplemen Mineral / Multivitamin
Vitamin dan mineral sangat kita butuhkan dalam segala aktivitas.  Vitamin dan mineral anti oksidan dapat membantu dalam proses pemulihan otot, melindungi otot, dan dapat menghilangkan radikal bebas sesudah otot tersebut rusak dan mengalami tekanan pada saat fitnes.

Bagaimana cara memilih suplemen fitnes yang tepat ?

Dalam memilih suplemen fitnes yang tepat, Anda harus lebih memahami manfaat yang ada dalam suplemen tersebut. Maka dari itu, bacalah dulu brosur dan label pada kemasan suplemen fitnes. Dibawah ini adalah tips untuk memilih suplemen fitnes yang tepat :

Anda harus mengetahui manfaat dan tujuan yang Anda harapkan, sehingga Anda bisa memilih suplemen         sesuai dengan tujuan Anda.
Pilihlah suplemen fitnes yang sesuai dengan kandungan dosis yang dibutuhkan.
Suplemen fitnes bukan sebagai makanan pengganti makanan utama, melainkan hanya sebagai makanan         tambahan untuk membantu pemenuhan gizi.
Menggunakan suplemen jangan dijadikan pembenaran melakukan kebiasaan yang buruk. Jika Anda             memakai suplemen untuk membakar lemak bukan berarti Anda cukup memakai suplemen saja, tetapi          Anda malas berolahraga, tapi tetaplah berolahraga agar tubuh Anda tetap fit.
Sebaiknya Anda memilih suplemen yang sudah ternama dan sudah terbukti khasiatnya digunakan oleh           banyak orang. Anda bisa mendapatkan referensi dari ahli kesehatan.
Yang paling penting saat Anda membeli suplemen fitnes adalah perhatikan tanggal kadaluarsanya                   (expired date), segel kemasan, peringatan, dan informasi gizi.
Suplemen fitnes yang mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Carilah suplemen fitnes yang           dapat memenuhi kebutuhan fitnes Anda.
Alangkah baiknya jika Anda memilih suplemen fitnes yang berasal dari bahan alami serta dibuat secara           alami.
Untuk fitnes mania muslim, perhatikan sertifikat halal dari MUI.
Agar Anda memperoleh hasil maksimal, ikutilah petunjuk penyimpanan pada kemasan.

Ingatlah bahwa suplemen fitnes bukanlah makanan pengganti dari makanan pokok, melainkan hanya sebagai makanan tambahan untuk memenuhi kekurangan asupan gizi pada tubuh kita. Jadi yang paling utama adalah berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat, buah, dan sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan zat gizi lainnya. Penggunaan suplemen fitnes secara tepat akan sangat membantu dalam mencapai tujuan fitnes Anda.

Demikianlah artikel tentang Cara Memilih Suplemen Fitnes Terbaik Untuk Pembentukan Otot Bagi Pemula semoga saja dapat menambah wawasan kita semua.


Wajib Baca: Suplemen Fitnes Alami Khusus Pemula

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memilih Suplemen Fitnes Terbaik Untuk Pembentukan Otot

1 komentar:

  1. Wah, suplemen itu macam2 ya sekarang . Sampe ada yang buat fitness juga. Oyah tapi udah tau belum ternyata ada perbedaan suplemen dengan obat . Simak aja disni http://goo.gl/POghuS

    ReplyDelete