Referensi Kesehatan Anda

Saturday, March 14, 2015

Resep Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

Sehatnya.comResep Makanan Untuk Penderita Darah Rendah - Berbeda dengan penderita darah tinggi khusus untuk penderita darah rendah memang harus memiliki pola makan yang lebih banyak dari pada penderita darah tinggi, khusus nya makanan yang mengandung gizi tinggi serta asupan vitamin dan zat besi. Tekanan darah rendah berkisar pada 90/60 mmhg dan secara umum penderita darah rendah memiliki gejala dan ciri fisik antara lain yaitu pucat, badan lemas, dan sering pusing.



Jika anda sering mengalami pusing pada pagi hari, atau badan sering lemas maka bisa saja itu merupakan gejala bahwa anda penderita tekanan darah rendah, jika anda sering mengalami gejala diatas sebaiknya periksa tekanan darah anda terlebih dahulu agar tahu tindakan apa yang harus dilakukan, dan biasanya saat melakukan cek tekanan darah dan jika anda mengalami darah rendah biasanya anda juga akan mendapat beberapa saran dan resep makanan dari dokter untuk memperbanyak konsumsi makanan seperti berikut ini.

Resep Makanan Untuk Penderita Darah Rendah:

1. Sayur Bayam
Sayur bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan zat besi sangat tinggi serta mengandung folat, kalium, yang membantu proses pembentukan sel darah merah anda. Sayur bayam sangat baik bagi penderita tekanan darah rendah agar tekanan darah anda naik ke batas normal sehingga terhindar dari beberapa masalah seperti sering pusing, pucat, dan badan lemas. Perbanyak lah konsumsi sayur bayam untuk mengembalikan tekanan darah anda menjadi normal.

2. Perbanyak Minum Air Putih
Jika anda sering mengalami gejala pusing karena tekanan darah rendah cobalah ingat apakah anda sering minum air putih ? jika tidak maka mulai dari sekarang perbanyak minum air putih anda sesuai kebutuhan tubuh yaitu minimal 8 gelas sehari. Jangan pernah kurang sebab ketika tubuh kurang cairan akan menyebabkan dehidrasi dan memicu pusing, serta tekanan darah anda menurun.

3. Kacang Kacangan
Salah satu resep makanan untuk menormalkan tekanan darah rendah adalah dengan memperbanyak konsumsi kacang kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang buncis dan jenis kacang lainnya. Khusus untuk kacang hijau sangat baik untuk dijadikan menu sarapan pagi anda seperti contoh menu bubur kacang hijau, kacang hijau sangat baik untuk nutrisi sarapan pagi anda khusus nya orang yang memiliki tekanan darah rendah.

4. Konsumsi Daging Merah
Jika anda memiliki tekanan darah tinggi maka sangat dilarang untuk mengkonsumsi daging namun lain halnya jika anda mengalami tekanan darah rendah, penderita tekanan darah rendah sangat membutuhkan beberapa jenis asupan makanan daging merah seperti daging kambing, daging sapi. Maka dari itu jangan malas makan daging khusus nya bagi penderita tekanan darah rendah agar tekanan darah anda cepat kembali normal.

5. Roti Gandum
Beberapa jenis makanan yang berasal dari gandum sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai asupan penting untuk penderita tekanan darah rendah agar segera kembali normal. Contoh nya roti roti yang terbuat dari gandum telah terbukti memiliki energi yang lebih tinggi dibanding nasi sehingga sangat baik sebagai makanan pendukung anda setelah makan nasi, selain jenis makanan seperti roti gandum, makanan terbaik untuk penderita tekanan darah rendah lainnya adalah sereal. Jadi memperbanyak asupan gandum dan sereal merupakan salah satu langkah tepat untuk mengembalikan tekanan darah anda kembali normal.

Nah demikianlah tips tentang Resep Makanan Untuk Penderita Darah Rendah semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua yang saat ini sedang mengalami tekanan darah rendah, intinya konsumsi makanan sehat dan tetap berdoa adalah cara ampuh untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah anda. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

0 komentar:

Post a Comment