Referensi Kesehatan Anda

Monday, May 18, 2015

Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa Ramadhan

Sehatnya.comCara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa Ramadhan - Bagi penderita maag seringkali mengalami maag kambuh terutama saat terlambat makan dari jam biasa nya. Nah berhubung sebentar lagi bulan puasa maka sebaiknya anda yang biasa sakit maag mulai mempersiapkan cara cara ampuh untuk mencegah maag kambuh.



Berikut Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa Ramadhan:

1. Usahakan Selalu Sahur
Bagi anda yang memiliki riwayat maag sebaiknya selalu usahakan sahur setiap akan puasa, jangan biasakan puasa tanpa sahur. Karena mungkin anda bisa 1-2 kali puasa tanpa sahur namun untuk seterus nya anda beresiko mengalami kambuh maag terutama saat siang mulai dari jam 10-12 siang. Dan saat sahur sebaiknya makan lah makanan yang kaya nutrisi serta hindari makanan berikut ini saat sahur, diantaranya: Makanan dan minuman yang terlalu asam dan makanan instant seperti mie.

Baca Juga: Resep Makanan Untuk Penderita Kanker Usus

2. Berbuka Tepat Waktu
Berbuka tepat waktu sangat penting untuk mencegah penyakit maag anda kambuh, jangan membiasakan menunda nunda berbuka. Apalagi berbuka dengan tepat waktu atau menyegerakan berbuka sangat dianjurkan dalam islam.

3. Konsumsi Makanan Kaya Serat Saat Sahur
Saat sahur sangat penting bagi anda untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kaya serat seperti sayur, buah buahan dan susu. Pastikan saat sahur anda mengkonsumsi makanan yang kaya serat tersebut minimal meminum susu dan makan sayur. Manfaat konsumsi makanan yang kaya serat saat sahur adalah karena makanan yang kaya serat dapat memperlambat pengosongan lambung, karena jika lambung kosong dengan cepat maka semakin tinggi resiko maag anda kambuh. Namun harus selalu dibarengi makanan berat seperti nasi ya. Ideal nya menu sahur untuk penderita maag adalah nasi, lauk pauk, sayur dan susu.

4. Makanan Pemicu Maag
Salah satu tips untuk mencegah maag kambuh saat puasa adalah dengan menghindari makanan yang memicu produksi asam lambung meningkat seperti makanan dan minuman asam seperti sirup dan sejenisnya, minuman berkafein seperti kopi, minuman berkarbornasi seperti softdrink, dan buah buahan yang mengandung getah dan buah yang memiliki kadar asam tinggi.

Nah demikianlah beberapa tips yang bisa anda praktekkan dirumah untuk Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa Ramadhan semoga puasa tahun ini bisa sempurna tanpa hambatan dan halangan penyakit tertentu. amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa Ramadhan

1 komentar:

  1. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obatnyapenyakit.com/obat-herbal-penyakit-maag/

    ReplyDelete