Referensi Kesehatan Anda

Wednesday, May 6, 2015

Resep Makanan Untuk Penderita Kanker Paru Paru

Sehatnya.comResep Makanan Untuk Penderita Kanker Paru Paru - Kanker paru atau lebih dikenal dengan kanker bronkus merupakan salah satu penyakit yang mematikan yang umum nya lebih banyak dijumpai pada pasien laki laki. Secara medis penyebab kanker paru paru belum bisa dipastikan namun diduga kuat yang menyebabkan kanker paru paru adalah asap rokok. Perokok ada dua jenis yaitu perokok aktif dan perokok pasif, masing masing kedua jenis perokok ini beresiko terkena kanker paru paru. Perokok aktif bisa didefinisikan sebagai pecandu rokok yang memang menghisap rokok sehari hari, sedangkan perokok masif merupakan orang yang bukan perokok namun berada di lingkungan perokok, sehingga setiap hari ia menghirup asap rokok dari perokok aktif. Contoh perokok pasif adalah anak dan istri yang setiap hari terjebak dan menghirup udara yang telah diracuni asap rokok dari suami yang merokok. Bagi kedua jenis perokok ini baik aktif maupun pasif memiliki resiko 5 kali lipat terkena kanker paru paru dibanding orang yang tidak merokok.



Kanker paru merupakan penyakit yang membutuhkan perhatian dan penanganan khusus karena jenis penyakit ini merupakan penyakit yang mudah merambat ke bagian atau organ tubuh lainnya. Salah satu penanganan penyakit kanker yang baik adalah dengan mengenal gejala awal penyakit tersebut sehingga bisa dilakukan tindakan medis segera. Adapun gejala kanker paru adalah sebagai berikut:

Gejala Kanker Paru Paru:

Mudah lelah merupakan salah satu jenis gejala awal bagi penderita kanker paru paru, jika anda sering mengalami tanda awal seperti ini maka sebaiknya segera dilakukan pengecekan ke dokter. Tindakan medis yang cepat dan tepat dapat mengurangi resiko lebih parah dari penyakit kanker paru paru.

Sering sakit Adalah salah satu penyebab atau gejala awal yang sering dirasakan penderita kanker paru paru, adapun beberapa jenis penyakit yang sering menyerang adalah batuk, pilek, demam, dan berbagai jenis penyakit ringan lainnya. Penyakit seperti batuk, pilek atau demam ini memang merupakan penyakit biasa namun jika sering terjadi pada anda sebaiknya anda harus melakukan pengecekan kondisi ke dokter, karena siapa tahu ada sel kanker yang berkembang dalam paru paru anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Herbal

Mengalami gangguan pernapasan adalah tanda atau gejala dari penyakit kanker paru paru yang harus diwaspadai, ketika mulai sering mengalami masalah sesak nafas atau sering mengalami kesulitan bernafas sebaiknya segera dilakukan pengecekan di dokter agar bisa dilakukan tindakan medis jika mengalami penyakit kanker paru paru.

Cara Mencegah Kanker Paru Paru

Setelah mengenali penyebab dan gejala dari penyakit kanker paru paru ada baiknya anda juga mengenal cara untuk mencegah terjadinya penyakit kanker paru paru, sehingga anda dapat mewaspadai pemicu terjadinya kanker di kemudian hari. Berikut cara mencegah kanker paru paru sejak dini.

1. Sering Menghirup Udara Pagi

Mencegah kanker paru yang paling efektif adalah dengan rajin menghirup udara segar di pagi hari, ketika pagi udara masih bersih dan belum tercemar sehingga sangat baik untuk kesehatan paru paru anda. Biasakanlah berjalan pagi mulai pukul 05:00-06:00 pagi, usahakan anda berjalan pagi sebelum matahari terbit agar mendapatkan kualitas udara yang masih sejuk dan segar.

2. Ruangan Minim Ventilasi.
Ruangan dan Rumah tanpa atau minim ventilasi udara dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kanker paru, terutama rumah yang sering memasak menggunakan kayu bakar. Rumah yang minim saluran udara ventilasi akan membuat asap dari proses memasak tidak keluar melainkan berada di dalam ruangan dalam waktu yang lama. Sehingga dengan kebiasaan menghirup asap setiap hari maka dalam jangka waktu yang lama dapat menciptakan penyakit kanker paru.

3. Makanan Khusus Untuk Penderita Kanker Paru Paru
Tips mencegah kanker paru yang ketiga adalah dengan memperhatikan makanan yang dimakan sehari hari, seperti memperbanyak konsumsi makanan sehat yang rendah lemak, rajin konsumsi buah dan sayur, hindari konsumsi daging, terutama daging merah, hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak garam, pilih makanan yang kaya akan kalium dan potasium seperti kentang, pisang dan sayur bayam, terakhir hindari konsumsi buah buahan yang mengandung getah seperti buah nangka dan sejenis nya.

Nah itulah tips Resep Makanan Untuk Penderita Kanker Paru Paru semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua, sehingga kita lebih perhatian dalam menjaga kesehatan paru dengan cara mengurangi rokok, konsumsi makanan sehat, dan menjauhi segala penyebab yang menimbulkan kanker di kemudian hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Makanan Untuk Penderita Kanker Paru Paru

0 komentar:

Post a Comment