Referensi Kesehatan Anda

Saturday, May 23, 2015

Resep Makanan Untuk Penderita Kanker Payudara

Kuansing HealthyResep Makanan Untuk Penderita Kanker Payudara - Makanan sehat untuk penderita kanker payudara sangat penting untuk proses penyembuhan pasien. Apalagi kanker payudara merupakan pembunuh nomor 2 pada wanita setelah kanker serviks, sehingga sangat penting untuk mencegah makanan yang dapat memicu penyebaran sel kanker semakin parah. Sebab seperti kita ketahui ada makanan yang sehat dan ada pula makanan yang tidak sehat bagi penderita kanker payudara, maka dari itu sangat penting untuk mengontrol asupan makanan agar proses penyembuhan bisa dilakukan dengan cepat.



Berikut Makanan Sehat Untuk Penderita Kanker Payudara:

1. Buah Jeruk
Jeruk merupakan buah buahan segar yang kaya akan vitamin c yang sangat baik untuk kesehatan, namun dibalik manfaat yang terdapat pada buah jeruk juga terdapat kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Bagi penderita kanker payudara sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk sebagai asupan pendukung untuk melawan penyebaran sel kanker.

2. Buah Mangga
Mangga merupakan buah yang memiliki rasa manis dengan daging buah yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Buah mangga memiliki kandungan kaya akan vitamin yang berguna untuk menjaga sistem imun tubuh. Selain itu mangga juga memiliki zat polifenol yang sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi khusus nya penderita kanker payudara.

Baca Juga: Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa Ramadhan

3. Buah Wortel
Buah wortel adalah salah satu buah yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh, buah wortel tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh tapi juga banyak digunakan untuk perawatan kecantikan wanita karena kandungan vitamin nya. Bahkan buah wortel juga disarankan untuk wanita yang bukan penderita kanker payudara karena wortel memiliki beta karotin serta memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah pertumbuhan kanker payudara di kemudian hari.

4. Buah Tomat
Buah tomat telah dikenal sebagai buah yang kaya akan khasiat sejak zaman dahulu, mulai dari untuk perawatan kecantikan sampai dengan untuk pengobatan berbagai penyakit. Buah tomat memiliki kandungan vitamin c dan vitamin a yang sangat kaya sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu zat lycopene yang terdapat pada buah tomat sangat baik untuk memproteksi tubuh dari serangan kanker. So, tetap konsumsi buah tomat baik dengan cara dimakan biasa maupun diminum dengan cara di jus.

5. Kacang Panjang
Kacang pajang merupakan jenis sayur sayuran yang sangat baik sebagai asupan bernutrisi untuk melawan kanker, selain itu kacang panjang juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsi kacang panjang secara teratur dengan cara direbus atau ditumis untuk menjaga kesehatan tubuh serta menghambat perkembangan sel kanker semakin  parah.

Selain makan makanan sehat diatas yang wajib dikonsumsi penderita kanker secara teratur juga terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, karena makanan berikut ini dapat memicu pertumbuhan sel kanker semakin ganas.

Berikut Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Payudara:

1. Makanan yang diawetkan
Salah satu pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita kanker payudara adalah segala jenis makanan yang diawetkan. Bahan makanan yang sudah diawetkan jika dikonsumsi akan membuat kondisi penderita kanker payudara semakin parah. Selain itu makanan yang mengandung pewarna dan penyedap rasa dari bahan kimia juga tidak dibolehkan dikonsumsi penderita kanker payudara.

2. Minuman Beralkohol
Minuman alkohol juga salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi penderita kanker payudara, dan tidak itu saja penderita kanker payudara juga tidak dibolehkan untuk minum minuman berkarbonasi atau minuman soda, kemudian minuman yang mengandung kafein juga tidak dibenarkan.

3. Sayur Toge
Jika anda merupakan seorang penderita yang mengidap kanker payudara maka sebaiknya mulai dari sekarang hentikan konsumsi sayur toge. Jika selama ini sayur toge merupakan favorit anda maka mulailah untuk berubah. Toge memiliki beberapa zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker sehingga sangat disarankan untuk menghentikan konsumsi sayur ini sampai kanker anda hilang.

4. Hindari Makanan Gorengan
Bagi anda yang hobi mengkonsumsi makanan gorengan seperti tahu, bakwan, dan tempe maka mulai dari sekarang sebaiknya jangan konsumsi makanan tersebut. Sebab makanan seperti bakwan tahu tempe diproses dengan cara digoreng menggunakan minyak secara berulang ulang sehingga menimbulkan zat karsinogen yang dapat memicu kanker dalam tubuh.

5. Daging Merah
Daging merah seperti daging kambing, sapi atau kerbau juga tidak baik untuk dikonsumsi untuk penderita kanker. Hal ini disebabkan karena jenis daging merah turut memfasilitasi pertumbuhan sel kanker tidak normal maka dari itu sebaiknya hindari konsumsi daging merah selama dalam proses penyembuhan dari kanker payudara.

Demikianlah artikel kesehatan tentang resep makanan untuk penderita kanker payudara semoga saja tulisan yang cukup panjang ini dapat memberikan manfaat bagi anda semua walaupun hanya sedikit. Terus jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat serta selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga rutin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Makanan Untuk Penderita Kanker Payudara

1 komentar:

  1. http://v-ersailers.blogspot.com/2016/02/kanker-payudara-cerita-perjuangan-kanker-payudara.html

    ReplyDelete